Home » » Rahasia Umur Panjang dari Seekor Gorilla

Rahasia Umur Panjang dari Seekor Gorilla

Seekor gorilla yang dikenal sebagai hewan peliharaan tertua di dunia merayakan ulang tahunnya ke-55 pekan lalu dengan mengunyah fruit cake dingin berlapis empat yang terbungkus kulit pisang. Penglihatan gorilla yang diberi nama Jenny dan dipelihara di Dallas Zoo ini dilaporkan telah berkurang walaupun tergolong relatif masih baik untuk hewan primata itu.

“Ini merupakan prestasi besar bagi kami, ” kata kurator pameran Wilds of Africa di Dallas Zoo. “Ini menandakan bahwa kami melakukan upaya besar dalam perawatan kesehatan hewan, nutrisi serta konservasi,” jelasnya. The International Species Information System, yang memegang data hewan dari 700 kebun binatang di seluruh dunia, menyebut Jenny sebagai gorilla tertua di databasenya.

“Ini luar biasa,” kata Kristen Lukas, kurator konservasi dan sains Cleveland Metroparks Zoo di Ohio. Lukas menerangkan gorilla yang hidup di alam bebas biasanya hanya bertahan hidup hingga usia 30 sampai 35 tahun.

Perawatan kesehatan dan proteksi terhadap Jenny di Dallas Zoo telah turut berperan memperpanjang usianya. Dari sekitar 360 gorilla yang terdapat di sejumlah kebun binatan di Amerika Utara, hanya 4 gorilla saja yang masih bertahan hidup hingga usia 50 tahun. Seluruh gorilla tersebut adalah gorilla betina.

Jenny pernah melahirkan seekor gorilla betina bernama Vicky pada tahun 1965 sebelum anaknya itu dipindahkan ke Alberta, Kanada pada usia 5 tahun. Para petugas di Dallas Zoo tidak mengetahui nasib Vicky. Sejak saat itu, Jenny tidak lagi mempunyai keturunan.

Oleh mereka yang memeliharanya di Dallas Zoo, Jenny digambarkan sebagai hewan yang senang berhadapan dengan manusia. “Jika tidak ingin keluar dari dari kandangnya pada hari tertentu, maka Jenny akan mengurung diri di kandangnya,’ kata Bowsher, salah satu perawat gorilla tersebut.

Saat para perawatnya meletakkan fruit cake dingin di suatu tempat di kandangnya, Jenny dengan perlahan menghampiri kue tersebut. Jenny mengambil fruit cake ini dengan tangan kanannya sebelum duduk dan juga menggunakan tangan kirinya untuk mencomot bagian kue tersebut dan menyantapnya.

Gorilla dengan berat badan 95 kilogram itu lahir dengan tanggal yang tidak jelas pada tahun 1953 di Afrika tengah. Jenny sempat dirawat di kepulauan Cape Verde sebelum dipindahkan ke Dallas Zoo pada tahun 1957.

Lalu apa sebenarnya rahasia umur panjang Jenny? Pihak Dallas Zoo pun tidak bisa menjawabnya. Tetapi yang pasti adalah Jenny selama ini mengkonsumsi makanan yang baik untuk kesehatan tubuhnya: biji-bijian, sereal, serta makanan favoritnya, kulit pisang.
JIM
Sumber : AP




Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. ..... - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger