Home » » Apakah Hewan Menikmati Seks?

Apakah Hewan Menikmati Seks?

1_61_panda_no_sex

1_61_panda_no_sexApakah hewan merasakan kenikmatan seksual? Berdasar penelitian, jawabanya ada dua: ya, dan mustahil untuk bisa tahu soal itu. “Kalau nyamuk, saya tidak tahu,” jelas Mark Bekoff, pakar biologi University of Colorado, penulis buku “The Emotional Lives of Animals” (New World Library), “Tapi kalau mamalia, ya mereka menikmati seks.”

Kenikmatan seks yang dialami manusia dan hewan bisa jadi sama, sebab keduanya sama-sama dialami oleh bagian primitif otak keduanya. Hewan bahkan juga mengalami orgasme. Ini bisa diihat dari ekspresi wajah, gerakan tubuh dan relaksasi otot. Kesemuanya disimpulkan sebagai klimaks kenikmatan, demikian menurut Bekoff.

Lalu kenapa serigala hanya berhubungan seks sekali dalam setahun? “Bukan berarti mereka tidak menyukainya,” kata Bekoff. Ia menjelaskan bahwa di alam liar, hewan yang berhubungan seks kerap terancam bahaya diserang oleh hewan lain. Sebagai contoh, serigala jantan saat berhubungan seringkali “terkunci” dalam tubuh betina pasangannya.

Selain itu, serigala memang tidak melakukan hubungan seks pada musim panas, agar anak mereka tidak lahir di musim dingin yang menyebapakar biopsikologi dari University of Michigan membandingkan aktivitas otak dan ekspresi wajah sejumlah hewan dengan wajah manusia saat bayi. Saat menerima kenikmatan, baik manusia maupun hewan pengerat sama-sama membuat bentuk mulut yang sama, juga gerakan menghisap. Reaksi otaknya juga sama.

Rasa manis, seks, juga pengalaman menang lotre, menstimulasi bagian sirkuit yang sama pada otak baik pada manusia atau hewan. “Ada alasan evolusioner yang bagus bagi para hewan untuk menikmati seks dan orgasme,” jelas Bekoff.

Diterjemahkan secara bebas dari LiveScience.com
foto:foxnews.com




Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. ..... - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger