Home » » Ilmuwan Akan Ungkap Rahasia Terbesar Firaun

Ilmuwan Akan Ungkap Rahasia Terbesar Firaun



(thedailystar.com)

INILAH.COM, Jakarta – Mesir akan segera mengeluarkan hasil tes DNA raja kuno paling terkenal di dunia yakni Firaun muda Tutankhamun untuk menjawab misterinya yang berkepanjangan.

Berbicara dalam sebuah konferensi, kepala arkeologi Zahi Hawass mengatakan dia akan mengumumkan hasil tes DNA dan tes pindai CAT pada tanggal 17 Februari 2010. Hasil tersebut akan dibandingkan dengan Raja Amenhotep III yang disinyalir adalah kakek Tutankhamun.

Usaha tersebut adalah bagian dari program yang lebih besar untuk mengecek ratusan DNA mumi untuk menentukan identitas dan hubungan kekeluargaan mereka. Program tersebut juga mampu membantu menemukan silsilah keluarga Tutankhamun yang telah lama menjadi misteri besar.

Identitas sebenarnya dari kedua orangtua Tutankhamun belum diketahui secara pasti. Banyak ahli yang percaya bahwa dia adalah anak dari Akhenaten, Firaun dinasti ke-18 yang mencoba mengenalkan monoteis kepada masyarakat Mesir kuno hampir 3.500 tahun yang lalu dan ibunya merupakan salah satu ratu Akhenaten yakni Kiya.

Tetapi ada beberapa ahli lainnya yang memberikan masukan bahwa dia adalah anak terkecil Firaun setelah Akhenaten.

Tutankhamun adalah salah satu raja di Mesir pada dinasti ke-18 yang memerintah dalam keadaan krisis dan periode penuh kekacauan ketika monoteisme Akhenaten berakhir dan kekuasaan kembali kepada para pendeta Mesir kuno yang percaya banyak Tuhan.

Hawass memiliki rencana ambisius terhadap tes DNA pada beberapa mumi termasuk tes terhadap semua mumi kerajaan dan hampir dua lusin mumiyang belum teridentifikasi yang tersimpan di dalam Museum Mesir di Kairo.

Dia mengatakan bahwa hasil tes kemungkinan akan menunjukkan beberapa mumi kerajaan yang ditampilkan adalah bukan yang selama ini dipikirkan oleh para arkeolog.

Salah satu tujuan utamanya adalah menemukan mumi di Nefertiti, istri Akhenaten, ratu legendaris yang terkenal karena kecantikannya.

Hawass telah lama menolak tes DNA pada mumi Mesir yang dilakukan oleh ahli asing dan akhir-akhir ini baru diizinkan proyek semacam itu dengan kondisi perjanjian eksklusif dengan pemerintah Mesir. Sebuah laboratorium DNA bernilai US$5 juta (Rp 48 miliar) disiapkan di Museum Mesir dengan pendanaan yang berasal dari Discovery Channel.

Dalam salah satu pernyataan, Hawass menyatakan akan mengirimkan sebuah robot ke dalam piramida besar Khufu untuk menemukan jalan rahasia yang selama ini masih tersembunyi.[ito]




Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. ..... - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger