Home » » sejarah danau toba yg hampir musnahkan manusia

sejarah danau toba yg hampir musnahkan manusia

Letusan gunung berapi besar Toba yang terjadi di masa lalu telah memusnahkan hutan India tengah dan mungkin telah mendorong manusia ke jurang kepunahan, menurut sebuah studi baru yang menambahkan bukti pada topik yang kontroversial itu.

Letusan Toba, yang terjadi di pulau Sumatera sekitar 73.000 tahun yang lalu, melepas sekitar 800 kilometer kubik abu ke atmosfir yang menyelimuti langit dan menghalangi sinar matahari selama enam tahun.



Sebagai buntutnya, suhu global menurun sebanyak 28 derajat Fahrenheit dan kehidupan di Bumi jatuh ke dalam suatu zaman es yang berlangsung sekitar 1.800 tahun.

Stanley Ambrose, profesor antropologi di University of Illinois, mengusulkan dalam Journal of Human Evolution mengenai efek dari letusan Toba dan Zaman Es yang menjelaskan hambatan nyata pada populasi manusia yang dipercaya terjadi antara 50.000 dan 100.000 tahun yang lalu.

Kurangnya keragaman genetik di antara manusia yang hidup hari ini menunjukkan bahwa selama periode itu manusia sangat mendekati kepunahan.

Untuk menguji teorinya, Ambrose dan tim penelitiannya menganalisis serbuk sari dari inti laut di Teluk Benggala yang memiliki lapisan abu dari letusan Toba. Para peneliti juga membandingkan rasio isotop karbon dalam tanah fosil yang diambil langsung dari atas dan bawah abu Toba di tiga lokasi di tengah India - sekitar 3.000 mil dari gunung berapi - untuk menentukan jenis vegetasi yang ada di berbagai tempat.

Daerah berhutan lebat meninggalkan sidik jari isotop karbon yang berbeda dari wilayah rumput atau hutan berumput.

Tes menunjukkan perubahan jenis vegetasi di India secara tiba-tiba setelah letusan Toba. Para peneliti menulis dalam jurnal Palaeogeography, Palaeoclimatology, Palaeoecology mendapati suatu pergeseran ke "tutupan vegetasi yang lebih terbuka dan mengurangi representasi pakis," yang tumbuh dalam kondisi lembab, yang "menunjukkan kondisi kering secara signifikan di daerah ini untuk 1.000 tahun setelah letusan Toba."

Mungkin kekeringan juga menunjukkan penurunan suhu "karena ketika Anda mengecilkan suhu juga mengurangi curah hujan," kata Ambrose.

"Ini adalah bukti jelas bahwa Toba menyebabkan deforestasi di daerah tropis untuk waktu yang lama."

Dia juga menyimpulkan bahwa bencana mungkin telah memaksa nenek moyang manusia modern untuk mengadopsi strategi baru untuk kelangsungan hidup, menggantikan Neanderthal dan spesies manusia kuno lainnya.

Meskipun manusia selamat dari peristiwa itu, para peneliti telah mendeteksi aktivitas meningkat di bawah sebuah kaldera di Taman Nasional Yellowstone, di mana beberapa tersangka letusan supervolcanic lain pada akhirnya akan terjadi. Meskipun tidak diharapkan terjadi dalam waktu dekat, sebuah letusan Yellowstone bisa menutup setengah Amerika Serikat dengan lapisan abu sampai dengan 3 meter.

Kejadian ini menyebabkan kematian massal dan pada beberapa spesies juga diikuti kepunahan. Menurut beberapa bukti DNA,
letusan ini juga menyusutkan jumlah manusia sampai sekitar 60% dari
jumlah populasi manusia bumi saat itu yaitu sekitar 60 juta manusia.
Letusan itu juga ikut menyebabkan terjadinya zaman es, walaupun para
ahli masih memperdebatkan soal itu.
Setelah letusan tersebut, terbentuk kaldera yang kemudian terisi oleh air dan menjadi yang sekarang dikenal sebagai Danau Toba. Tekanan ke atas oleh magma yang belum keluar menyebabkan munculnya Pulau Samosir.





kaskus.us
Share this article :

+ komentar + 1 komentar

Jumat, April 23, 2010 1:49:00 AM

Mkasih atas info'a

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. ..... - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger